KANTOR HUKUM

Kantor Hukum Advokat Keluarga

Biaya Yang Harus Disiapkan Dalam Perceraian

Dasarnya tidak ada pasangan yang siap untuk menghadapi sebuah perceraian. Namun, terkadang perceraianlah yang memang menjadi pilihan terbaik dalam pernikahan. Banyak sekali hal-hal yang bisa memicu terjadinya perceraian. Namun banyak hal juga yang sebenarnya bisa menjadi alasan untuk mempertahankan hubungan agar perceraian tidak sampai terjadi. Salah satu alasannya ialah biaya perceraian yang jumlahnya tidak sedikit bahkan bisa dibilang mahal. Berikut ini merupakan biaya yang bisa Anda persiapkan sebelumnya jika ingin melakukan perceraian agar tidak membuat tabungan terkuras, antara lain:

Biaya Pengacara

Pengacara atau lawyer merupakan sosok yang akan membantu Anda dalam mengurus perceraian, utamanya dalam hal yang berkaitan dengan persidangan. Sebenarnya, bisa saja Anda mengurusnya sendiri tanpa menggunakan bantuan pengacara, namun pengetahuan mengenai pengurusan perceraian di negara ini tidak Anda kuasai. Sebut saja mengenai pengajuan gugatan cerai, termasuk juga pada berkas yang harus disiapkan, formulir yang harus di isi dan juga yang lainnya. Jasa menggunakan pengacara biasanya diukur menggunakan hitungan jam atau berapa total tunainya. Bila, tarif pengacara yang Anda tunjuk menggunakan jam. Maka Anda tinggal menghitung saja berapa jam menggunakan jasa pengacara tersebut, mulai dari menjadi konsultan, hingga mengurusi surat perceraian. Namun jika pengacara yang ditunjuk menggunakan total tunai amak Anda membayarnya secara borongan. Jumlah tunainya sesuai dengan kesepakatan Anda dan pengacara. Untuk pengacara di kota besar tarif untuk menyelesaikan masalah perceraian di pengadilan tingkat pertama dan tidak peduli berapa lama kasus tersebut akan berjalan sekitar 20 hingga 50 jutaan. Namun jika mencapai kasasi, banding dan lainnya tentu akan membuatnya bertambah.

Biaya Pengadilan

Biasanya, saat Anda menggunakan jasa pengacara maka juga sudah mencakup biaya perceraian pengadilan. Namun jika Anda mengurusnya sendiri maka berikut rincian biaya mengurus gugatan perceraian:

  1. Mendaftarkan perkara sebesar Rp.30.000,-
  2. Biaya materai sebesar Rp.6.000,-
  3. Biaya Administrasi sebesar Rp.50.000,-
  4. Biaya Redaksi sebesar Rp.5.000,-
  5. Biaya panggilan dari penggugat dan tergugat tergantung dari radius jarak tempat tinggal dari penggugat dan tergugat yang menyelesaikan masalah tersebut.

Biaya yang disebutkan tadi barulah di pengadilan tingkat pertama. Biaya tersebut berlaku untuk pengadilan negeri maupun agama.

Biaya Pengadilan Selanjutnya

Jika pengadilan di tingkat pertama sudah berhasil dilalui dan hasilnya kurang memuaskan bagi salah satu pihak yang bercerai maka bisa saja mereka melakukan usaha banding. Sebut saja jika hak asuh anak yang menjadi masalahnya maka tentu akan ada pengajuan banding jika pihak satu atau dua keberatan. Jika Anda berniat mengajukan banding maka bersiaplah untuk mengeluarkan biaya perceraian lagi untuk melanjutkan kasusnya hingga menemukan jalan yang memang menguntungkan kedua belah pihak.

Leave a Reply

WhatsApp chat