KANTOR HUKUM

Kantor Hukum Advokat Keluarga

Cara Cerai Paling Cepat dan Mudah Di Pengadilan Agama

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Pusing dan gerogi enggak tahu cara sidang di Pengadilan Agama?

Belum tahu caranya?

Mau tahu proses sidang di Pengadilan Agama itu  seperti apa?

Pertanyaan ini banyak muncul dan sering dipertanyakan oleh kebanyakan orang, apakah untuk sekedar ingin mengetahui atau memang menjadi salah satu pihak untuk mengajukan perceraian.Banyak orang yang bertanya kepada kang Jaya tentang bagaimana cara cerai paling cepat di pengadilan agama. Tapi Tenang aja Sob.. Bang Jaya Akan kasih Tahu Tips untuk melakukan proses perceraian di Pengadilan Agama supaya masalahnya cepat kelaaaaaaar. Walapun tetap saja Sob,tidak ada jalan pintas yang dapat ditempuh untuk mempercepat proses perceraian, karena semua proses beracara di pengadilan agama sudah diatur dalam hukum acara pengadilan agama. Lagian mau kemana sih Sob, buru-buru banget.

Memang butuh proses semuanya juga Sob, kebanyakan orang memang mereka malas terus-terusan datang ke pengadilan, malas mengurus ini itu, jarak ke pengadilan jauh atau tidak punya banyak waktu, maka maka solusi dari Bang Jaya sebaiknya gunakan saja jasa pengacara (advokat). Dengan menggunakan jasa pengacara, tidak perlu banyak mengurus ini itu Sob, tidak perlu sering datang ke pengadilan dan kesibukan Sobat  juga tidak akan terganggu. Alhasil Sobat tinggal menunggu saja sampai prosesnya selesai dan akta cerai sampai ke tangan yang semuanya diurus sama advokat yang ditunjuk sama sobat.

Namun ada juga Sob, beberapa orang biasanya tidak mau menggunakan jasa pengacara karena tidak ada uang lebih untuk membayar jasanya. Jika demikian kenyataannya, maka mau tidak mau Sobat (yang mengajukan perceraian) harus datang setiap kali ada panggilan sidang atau jika tidak datang, maka perkara perceraian yang agan sista ajukan bisa jadi gugur.

Nah, ini dia hal-hal apa saja yang bisa mempercepat proses persidangan :

  1. SOBAT HARUS MEMBUAT PERMOHONAN ATAU SURAT GUGATAN DENGAN BENAR.

Caranya, buatlah surat permohonan atau surat gugatan dengan baik dan benar, jangan sampai salah ketik, permohonan atau gugatan tidak jelas (kabur) dan kesalahan-kesalahan lain yang harus dihindari. Jika agan Sobat tidak bisa membuat surat permohonan atau gugatan, silahkan gunakan jasa POSBAKUM pada pengadilan tersebut

  1. SIDANG TANPA DIHADIRI OLEH TERGUGAT ATAU TERMOHON

Jika Sobat sebagai suami mengajukan perceraian, maka Sobat disebut sebagai pemohon sedangkan istri Sobat  yang diajukan disebut sebagaia termohon. Sedangkan jika Sahabati mengajukan perceraian, maka Sahabati disebut sebagai penggugat dan suami Sahabati disebut sebagai tergugat. Nah, jika pihak termohon atau tergugat tersebut tidak hadir dipersidangan walaupun sudah adanya surat panggilan, maka hakim bisa langsung memutuskan perkara perceraian tersebut saat itu juga. Putusan yang seperti ini di dalam dunia hukum dikenal dengan istilah putusan verstek.

Meskipun hakim bisa memutuskan perkara saat itu juga (dalam sidang yang pertama), tapi biasanya dalam kebanyakan kasus, hakim akan memerintahkan juru sita untuk memanggil termohon atau tergugat kembali satu atau dua kali lagi dan apabila pihak  termohon atau tergugat tidak juga hadir ke persidangan, maka hakim akan memutuskan perkara tersebut.

Ini akan sangat berbeda jika pihak termohon atau tergugat terus-menerus hadir, karena akan ada proses persidangan yang lebih panjang seperti jawaban Jinawab (replik, duplik), pembuktian dan sebagainya.

  1. IKUTI PERINTAH MAJELIS HAKIM

Gini Sob, Apapun poponya yang diperintahkan hakim dengerin baik-baik jangan diabaikan. Misalnya, jika hakim memerintahkan Sobat untuk membawa dua orang saksi, silahkan Sobat bawa dua orang saksi, jangan malah ngeyel dan hanya membawa satu orang saksi. Kasus semacam ini sering sekali Bang Jaya temui dari beberapa orang yang berkonsultasi sebelum sidang. Entah dapat ilham darimana atau mungkin karena tidak mau ribet, biasanya banyak orang yang hanya membawa satu orang saksi saja.

Jadi begini loh Sob yang, saksi itu kan nantinya akan menguatkan keterangan yang sudah Sobat berikan dalam surat permohonan atau gugatan yang Sobat buat. Kalau hanya satu orang saksi saja, maka kesaksiannya tidak akan dapat diterima, jadi bagaimana mau cepat cerai kalau sudah seperti ini.

O, iya Bang Jaya kasih tahu nih, jadi saksi itu tidak butuh skill apapun dan tidak harus orang berpendidikan. Yang paling penting saksi itu mengetahui persis keadaan rumah tangga Sobat. Misalnya jika Sobat sering bertengkar, mungkin ada tuh tetangga Sobat yang sering denger pertengkaran tersebut. Atau jika pasangan Sobat selingkuh, mungkin juga ada temen Sobat yang melihat pasangan Sobat berselingkuh. Nah orang-orang tersebut itulah yang bisa Sobat ajukan sebagai saksi. Mudah bukan?

Nah, demikian itu beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai cara cerai paling cepat yang dapat sobatlakukan namun semuanya tergantung dari keputusan majelis hakim itu sendiri. Meskipun demikian, majelis hakim pun pasti tidak akan melenceng dari hukum acara yang saat ini berlaku di Pengadilan Agama.

SALAM SAKINAH….!!!

Wassalamu’alaikumWr. Wb.,

Leave a Reply