KANTOR HUKUM

Kantor Hukum Advokat Keluarga

Perceraian Katolik

Pada dasarnya baik Agama Katolik maupun lainnya juga menentang atau tidak mengijinkan adanya perceraian, namun jika memang perceraian katolik yang dilakukan memiliki cukup alasan maka pengadilan akan memutuskannya secara hukum. Apalagi untuk Agama Katolik ini juga dikenal cukup sulit untuk melakukan perceraian. Maka untuk melakukan bercerai apalagi secara Katolik perlu dipersiapkan dengan baik dan anda harus siap dengan segala konsekuensinya.

Tahapan Perceraian Katolik

Memang untuk semua proses perceraian memang tidak jauh berbeda untuk dijalani siapapun di pengadilan. Hal tersebut dikarenakan hukum yang dijalankan adalah sesuai peraturan Undang-Undang yang berlaku. Sehingga anda juga perlu mengetahui berbagai prosedur yang ada pada tahap-tahap perceraian katolik ini.

Berikut beberapa tahapan yang akan dijalani yaitu :

  • Setelah pendaftaran gugatan dan mendapatkan surat panggilan menghadiri sidang, maka di sidang pertama ketika kedua belah pihak hadir maka pihak pengadilan akan meminta keduanya melakukan mediasi. Mediasi ini berdasarkan peraturan memiliki batas waktu yaitu selama 30 hari
  • Jika mediasi yang dilakukan dinyatakan gagal maka selanjutnya akan dibacakan gugatan penggugat
  • Sidang jawaban dari gugatan penggugat, dilanjutkan dengan sidang replik dan duplik
  • Sidang bukti surat pihak penggugat dan selanjutnya pihak tergugat
  • Sidang saksi penggugat kemudian sidang saksi tergugat
  • Setelah sidang kesimpulan maka akan dilakukan sidang pembacaan putusan perkara untuk perceraian yang diajukan

Dalam proses sidang tersebut jika tergugat tidak pernah hadir maka prosesnya akan lebih singkat karena setelah panggilan ketiga maka akan langsung ke sidang kesimpulan dan pembacaan putusan.

Perceraian Katolik di Masa Sekarang

Sebelumnya perceraian dalam agama Katolik memang merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Namun setelah tahun 2014, Paus Fransiscus sebagai pemimpin tertinggi agama Katolik sudah membangun tim ahli yang akan membantu memudahkan proses perceraian secara agama Katolik. Bahkan, Paus Fransiscus juga mencanangkan mengijinkan uskup untuk memutuskan ikatan pernikahan jika diminta secara langsung. Sehingga hal ini memang memudahkan untuk pasangan yang ingin segera mengakhiri hubungan pernikahan keduanya tanpa harus melalui proses yang panjang dan rumit.

Meskipun diberikan kemudahan jalan namun tentu saja perceraian tetap menjadi hal yang tidak disukai dan tidak diinginkan. Menggunakan jasa pengacara akan membantu anda untuk menyelesaian segalanya secara lebih mudah. Apalagi jika di dalam perkara tersebut anda juga akan membahas mengenai hak asuh anak serta harta bersama atau gono-gini. Maka pengacara akan menjadi bantuan secara hukum yang akan melayani anda secara aturan hukum yang berlaku di Indonesia. Maka tentukan pilihan jasa pengacara anda sebaik mungkin sebelum mengajukan perceraian katolik sehingga semua perkara yang masuk di dalamnya bisa diatasi dengan baik dan sesuai kebaikan bersama

Leave a Reply