KANTOR HUKUM

Kantor Hukum Advokat Keluarga

Perceraian Kristen di Pengadilan

Setiap agama tentunya memiliki aturannya sendiri-sendiri yang mengatur mengenai terjadinya perkawinan, maka untuk perceraian Kristen di pengadilan harus diperhatikan setiap langkahnya dengan baik. Dengan begitu, anda bisa mengetahui bagaimana proses yang harus dijalani terutama untuk perceraian non muslim di Indonesia.

Syarat Perceraian Kristen di Pengadilan

Dalam mengajukan dokumen perceraian Kristen di pengadilan memang harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Dengan kelengkapan dokumen yang diminta maka proses anda juga akan lebih cepat untuk bercerai sesuai keinginan kedua belah pihak. Dokumen ini diajukan ke kantor pengadilan negeri daerah masing-masing untuk nantinya diproses secara lebih lanjut.

Berikut beberapa persyaratan dokumen yang harus anda penuhi dengan baik sebelum mengajukan perceraian di pengadilan negeri yaitu :

  • Kutipan akta perkawinan atau akte nikah yang dimiliki
  • Kartu Tanda Penduduk, anda bisa bersiap dengan beberapa fotokopinya
  • Kartu Keluarga
  • Surat gugatan cerai
  • Jika sudah memiliki anak maka harus disertakan akta kelahiran anak

Jika anda meminta bantuan pengacara maka dokumen tersebut juga bisa diserahkan pada pengacara dan proses selanjutnya akan diatur oleh tim pengacara yang sudah dipercaya. Tentunya akan lebih mudah jika seperti itu karena anda tinggal menunggu hasil dan memberikan dokumen yang memang diminta serta dianggap penting. Maka mendapatkan jasa pengacara yang terbaik dan profesional adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan dengan baik agar prosesnya bisa dijalankan dengan bantuan yang tepat.

Prosedur Perceraian Kristen di Pengadilan

Setiap hal yang diatur oleh Undang-Undang tentunya sudah memiliki prosedur khusus yang harus diikuti dengan baik. Baik anda mengajukan sendiri ataupun menggunakan jasa dari pengacara maka tetap harus memahami prosedur dengan baik. Sehingga jika anda  taat pada aturan maka nantinya proses yang dijalankan juga akan lebih cepat serta lancar.

Berikut beberapa prosedur untuk perceraian Kristen di pengadilan yang perlu diperhatikan yaitu :

  • Setelah mempersiapkan dokumen maka daftarkan perceraian ke pengadilan negeri wilayah masing-masing untuk dibuatkan surat gugatan
  • Setelah surat gugatannya jadi maka anda harus membayar baik di kasir secara langsung atau melalui bank sesuai nominal yang telah ditentukan
  • Anda tinggal menunggu surat panggilan sidang dari pengadilan negeri tersebut sesuai jadwal yang telah ditentukan. Sehingga anda tinggal mengikuti prosedur yang ada dari sidang pertama sampai terakhir

Perbedaan untuk pengajuan perceraian non muslim di Indonesia adalah diajukan ke pengadilan negeri setempat kemudian untuk akte cerainya harus dilakukan di catatan sipil. Mengenai jumlah sidang perceraian Kristen di pengadilan memang tidak dapat ditentukan karena akan bergantung dengan kelancaran selama proses sidang serta kehadiran dari kedua belah pihak yaitu suami dan istri yang akan melakukan proses perceraian.

Leave a Reply