KANTOR HUKUM

Kantor Hukum Advokat Keluarga

Perceraian Menurut Agama Kristen Protestan

Membangun sebuah rumah tangga yang harmonis dan ideal tentu menjadi dambaan setiap pasangan. Namun bukan hal yang mudah sehingga dapat mewujudkan hal tersebut. Tentu saja dalam menjalaninya ada kerikil dan batu yang tajam yang memang dibuat agar pasangan saling mengenal, menguatkan satu sama lain dan banyak pelajaran berharga lainnya yang Tuhan ingin berikan karena kasihnya terhadap umat. Namun bagaimana jika terjadi sebuah masalah yang akhirnya membuat pasangan harus bercerai? Dan bagaimana perceraian menurut agama Kristen Protestan?

Hukum Perceraian menurut Agama Kristen Protestan

Pada dasarnya Tuhan sangatlah membenci terjadinya perceraian, dan jika sampai terjadi perceraian itu karena kebodohan dari manusianya sendiri.

Tuhan menyatukan dua makhluknya untuk saling membagi cinta kasih. Meskipun pasangan yang Kamu miliki merupakan sosok yang sangat hina dimata orang (misalnya pelacur). Sebagai pasangan harusnya Kamu yang membimbingnya kembali ke jalan Tuhan dan saling mengasihi.

Seandainya terjadi perceraian maka inilah hukum perceraian menurut agama Kristen Protestan:

  1. Tuhan tidak menyukai bahkan membenci terjadinya perceraian.

Tuhan tidak menginginkan adanya suatu pengkhianatan dalam hubungan dan membenci terjadinya perceraian. Tuhan menginginkan setiap orang menjaga dirinya dan selalu setia terhadap pasangan.

  1. Hingga terjadi perceraian, maka itu akibat manusia bebal

Kembali kepada hukum yang pertama, bahwasanya Tuhan pun tidak menginginkan sebuah perceraian. Jangan menyalahkan bahkan mengkambing hitamkan Tuhan sebagai alasan perpisahan pasangan. Jika sampai ada ayat atau pasal yang memperbolehkan pasangan tersebut berpisah coba ditelaah lebih dalam lagi. Hasil yang akan ditemukan ialah sebuah perceraian diizinkan jika penyebabnya adalah perzinahan. Perzinahan bisa terjadi karena hati manusia yang bebal akan perintah dan peringatan Tuhan terhadapnya untuk menjaga sebuah hubungan dan tetap setia kepada pasangan, jadi bukan karena rencana Tuhan. Catat itu!

Cara mencegah terjadinya perceraian menurut agama Kristen Protestan

Di dunia ini semua hal diciptakan selalu berpasangan ada siang pasti ada malam, ada manis ada juga pahit, begitupun jika ada pertemuan maka ada pula perpisahan. Perpisahan dalam Kristen memang diperbolehkan dengan syarat – syarat tertentu namun jika bisa maka hindari dan cegah sekuat yang kau bisa.

  1. Berdoalah dan meminta pengampunan pada Tuhan untuk dirimu sendiri dan pasangan. Meskipun sulit untuk dijalani bersama namun cobalah bertahan demi janji suci yang diucap di depan Tuhan.
  2. Merubah pola pikir untuk lebih menghargai hubungan yang dijalani sekarang.
  3. Mau berubah untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi
  4. Meminta bantuan pendeta atau pun pengacara untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Ingatlah kembali keindahan yang dirajut dalam janji suci di hadapan Tuhan agar tidak terjadi perceraian. Karena perceraian menurut agama Kristen Protestan adalah larangan.

Leave a Reply